HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

  • Nurina Ayuningtyas Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Dukungan Keluarga, Cara Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar mahasiswa. Menganalisis hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dan cara belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi D III Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Besar populasi 45 responden, menggunakan total sampling. Instrumen penelitian ini adalah dokumen prestasi belajar dan kuesioner untuk dukungan keluarga dan cara belajar yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji Regresi Linier Berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar dengan r hitung 0,654 lebih besar dari r tabel dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Terdapat hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar dengan r hitung 0,666 lebih besar dari r tabel dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Terdapat hubungan dukungan keluarga dan cara belajar dengan prestasi belajar dengan hasil pengujian nilai F hitung sebesar 30,486 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05). Perhitungan SE dukungan keluarga 28,6% dan SE cara belajar 30,6%. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar. Terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan prestasi belajar. Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dan cara belajar dengan prestasi belajar. Perhitungan SE dan SR menunjukkan bahwa variabel cara belajar lebih kuat dalam memberikan konstribusi terhadap prestasi belajar daripada variabel dukungan keluarga.

Published
2019-12-27