PENGARUH SENAM HAMIL TERHADAP NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAKI SUKOHARO

  • Ulfah Hidayati Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Ika Sumiyarsi Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Angesti Nugraheni Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: Senam Hamil, Trimester III, Nyeri Punggung.

Abstract

Latar Belakang: Nyeri punggung pada kehamilan merupakan keadaan yang tidak nyaman pada punggung. Salah satu cara untuk mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil adalah senam hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Baki, Sukoharjo.
Tujuan Penelitian: Mengetahui ada pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja Puskesmas Baki, Sukoharjo.
Metode Penelitian: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control yang dilakukan di wilayah kerja di Puskesmas Baki, Sukoharjo. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar sampel masing-masing 30 responden pada kelompok kasus dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square dengan aplikasi SPSS version 21.
Hasil Penelitian: Nyeri punggung yang dialami ibu hamil 32 (53,3%) responden mengalami nyeri punggung ringan, 28 (47,7%) responden mengalami nyeri punggung sedang. Dari analisis menggunakan Chi Square didapatkan hasil p=0,001, nilai X2 hitung = 11,279 Nilai OR = 6,417.
Kesimpulan: Ada pengaruh senam hamil terhadap nyeri punggung pada ibu hamil. Peluang terjadinya nyeri punggung pada ibu hamil yang tidak melakukan senam hamil 6,417 kali lebih besar dibanding dengan ibu hamil yang melakukan senam hamil.
Saran: Perlu diadakan senam hamil di seluruh desa wilayah kerja Puskesmas Baki dan diikuti oleh ibu hamil secara rutin.

Author Biographies

Ika Sumiyarsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Surakarta

Angesti Nugraheni, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Surakarta

Published
2021-01-15