HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERTUMBUHAN BALITA DENGAN KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU DI DESA SUREN KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020

  • Tri Junika Khoirunissa Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Nur Sholichah Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Pengetahuan, Pertumbuhan Balita, Kunjungan Balita

Abstract

Latar Belakang: Hasil wawancara pada 10 ibu balita terdapat 7 ibu yang pengetahuan tentang pertumbuhan balita baik yaitu sudah mengetahui bahwa orang tua harus memperhatikan pertumbuhan fisik pada anak sesuai dengan usia seperti memperhatikan pertumbuhan tinggi badan, berat badan, kemampuan anak berjalan dan terdapat 3 ibu balita yang pengetahuan tentang pertumbuhan balita kurang beranggapan bahwa anaknya akan tumbuh dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pemantauan pertumbuhan. Selanjutnya, hasil wawancara dengan kader di posyandu Desa Suren didapatkan hasil bahwa presentase kunjungan balita ke posyandu di tahun 2019 sebanyak 60,3%.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pertumbuhan balita dengan kunjungan balita ke posyandu di Desa Suren Kecamatan Kutoarjo.
Metode Penelitian: Penelitian korelatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi sebanyak 190 responden dengan sampel 129 responden. Tekhnik sampling menggunakan Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner yang sudah disediakan jawabannya. Uji analisis data menggunakan uji Chi-square dengan bantuan SPSS versi 26. Waktu penelitian 5 Maret – 12 Maret 2020 di Desa Suren, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo.
Hasil Penelitian: Hasil uji analisis data didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-sided) (0.000) < (0.05), maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pertumbuhan balita dengan kunjungan balita ke posyandu.
Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang pertumbuhan balita dengan kunjungan balita ke posyandu di Desa Suren Kecamatan Kutoarjo.
Saran: Masyarakat dapat menggunakan fasilitas posyandu secara maksimal dan bersifat terbuka serta positif dalam mengikuti kegiatan posyandu supaya dapat meningkatkan pengetahuan ibu dan memantau pertumbuhan balita.

Published
2021-01-15