HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA DI SMA N 2 PURWOREJO

  • Restu Pangestuti Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Hardjono Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ika Sumiyarsi Sukamto Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Percaya Diri, Remaja.

Abstract

Latar Belakang: Rasa percaya diri pada setiap remaja dipegaruhi oleh pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Keluarga, khususnya orang tua berperan penting dalam pembentukan kepribadian anak termasuk rasa percaya diri. Pola pengasuhan paling efektif untuk membentu rasa percaya diri pada remaja yaitu pola asuh demokratis.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan tingkat kepercayaan diri pada remaja.
Metode Penelitian: Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel 72 responden. Teknik pengambilan sampel proportionate random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Uji statistik yaitu uji hubungan dengan Spearman Rank.
Hasil Penelitian: Responden yang memiliki pola asuh demokratis yang baik 11 orang (15,28 %), cukup 49 orang (68,05%), dan kurang 12 orang (16,67%). Responden yang memiliki tingkat kepercayaan diri baik 13 orang (18,05%), cukup 48 orang (66,67%), dan kurang 11 orang (15,28%). Hasil analisis spearman diperoleh nilai p value sebesar 0,002 (p<0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan tingkat kepercayaan diri pada remaja.
Saran: Orang tua perlu menerapkan pola asuh yang demokratis untuk membentuk sikap percaya diri pada remaja. Sekolah sebagai tempat belajar harus memfaslitasi siswa agar sikap percaya diri terbentuk dengan baik.

Published
2021-01-15