PENGARUH PENYULUHAN DETEKSI DINI CA CERVIX TERHADAP MINAT PEMERIKSAAN IVA PADA WANITA USIA SUBUR DI DESA JONO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO

  • Nurma Ika Zuliyanti Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Al Mar’atush Sholikhah Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Penyuluhan deteksi dini ca cervix, minat pemeriksaan IVA

Abstract

Latar Belakang: Ca Cervix adalah penyebab kematian nomor dua yang sering terjadipada wanita di Indonesia. Hal ini disebabkan masih rendahnya proses skrining ca cervix. Pemeriksaan yang paling umum dilakukan untuk deteksi dini ca cervix adalah dengan pemeriksaan IVA.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh penyuluhan ca cervix terhadap minat pemeriksaan IVA pada wanita usia subur di Desa Jono, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test, populasi 119 orang, sampel 92, teknik sampling accidental sampling, uji statistik meng-gunakan uji Paired T-Test.
Hasil Penelitian: Hasil analisis data didaptkan nilai signifikan pretest yaitu 0,184 > 0,05 dan nilai signifikan posttest yaitu 0,168 > 0,05 maka terdapat pengaruh penyuluhan deteksi dini kanker serviks terhadap minat pemeriksaan IVA pada wanita usia subur.
Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara penyuluhan deteksi dini ca cervix terhadap minat pemeriksaan IVA pada wanita usia subur.
Saran: Mewujudkan minat sesuai dengan pernyataan dalam kuesioner dengan melakukan pemeriksaan IVA

Published
2021-01-15