PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP PENGETAHUAN REAMAJA PUTRI DALAM MEMELIHARA DAERAH KEWANITAAN DI SMK NEGERI 2 PURWOREJO

  • Nur Sholichah Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Tri Puji Utami Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Penyuluhan, pengetahuan, memelihara daerah kewanitaan

Abstract

Latar Belakang: Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang. Kurangnya informasi dapat menyebabkan kurangnya pengetahuan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 2 Purworejo, didapatkan data siswi kelas X Akuntansi berjumlah 30 siswi, rata – rata belum mengetahui cara memelihara daerah kewanitaan dengan benar.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan remaja putri dalam memelihara daerah kewanitaan.
Metode Penelitian: Jenis penelitian pre eksperimental desain dengan pendekatan one group pretest – posttest. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Purworejo. Jumlah populasi 120 siswi dan jumlah sampel 120 siswi, dengan teknik sampling total sampling. Alat pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon.
Hasil Penelitian: Hasil uji normalitas kolmogorov smirnov nilai p (0,000) < ɑ (0,05) dan hasil uji wilcoxon nilai signifikasi p (0,000) < ɑ (0,05). Rata – rata nilai sebelum penyuluhan adalah 62,10 dan setelah penyuluhan adalah 88,14.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan remaja putri dalam meme¬lihara daerah kewanitaan dengan selisih nilai pretest dan posttest sebesar 26,04.
Saran: Sebagai sumber informasi kepada para siswi untuk menambah pengetahuan tentang cara memelihara daerah kewanitaan.

Published
2021-01-15