Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Dalam Pemberian Susu Formula Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Cangkrep Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Tahun 2020 (Dinda Oktaria Azzahra, Tri Puspa Kusumaningsih)

  • Dinda Oktaria Azzahra Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Tri Puspa Kusumaningsih Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Pemberian susu formula, bayi 0-6 bulan.

Abstract

Latar Belakang: Target SDGs yaitu menurunkan angka kematian bayi (AKB) 12/1.000 kelahiran hidup tahun 2030. Riskesdas 2018 melaporkan di Indonesia pemberian susu formula pada bayi baru lahir (79,8%). Target ASI eksklusif di Puskesmas Cangkrep yaitu (80%) namun cakupan ASI eksklusif tahun 2019 dibawah target (74,5%).
Tujuan Penelitian: Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ibu dalam Pemberian Susu Formula pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Cangkrep Kecamatan Purworejo.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 16,18,23 dan 24 Maret. Jumlah populasi 42 ibu dan sampel seluruh ibu bayi usia ≤6 bulan. Uji statistik menggunakan Chi Square.
Hasil Penelitian: Hasil analisis data didapatkan ada hubungan antara pendidikan dengan pemberian susu formula (p value 0.003), pengetahuan dengan pemberian susu formula (p value 0.012), pekerjaan dengan pemberian susu formula (p value 0,011), hubungan antara produksi ASI dengan pemberian susu formula (p value 0.000), dan hubungan antara peran tenaga kesehatan dengan pemberian susu formula (p value 0,04).
Kesimpulan: Ada hubungan antara pendidikan, pengetahuan, pekerjan, produksi ASI dan peran tenaga kesehatan dengan pemberian susu formula.
Saran: Penyuluhan ASI eksklusif, pijat oksitosin, teknik memeras ASI dan penyimpanan ASI oleh tenaga kesehatan.

Published
2021-01-15