HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PERAWATAN PAYUDARA PADA SAAT HAMIL DI BPM RETNO SUKENGSIH DESA WINONG KECAMATAN KEMIRI

  • Sabrina Ayu Bellinda Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Fetty Candra Wulandari Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Tingkat Pengetahuan, Perilaku Perawatan Payudara

Abstract

Latar Belakang : Masih banyaknya ibu hamil di BPM Retno Sukengsih yang tidak mengetahui pentingnya perawatan payudara dan mengalami kejadian puting susu tidak menonjol karena kurangnya persiapan sejak kehamilan, sehingga perawatan payudara harus segera dilakukan sedini mungkin yaitu pada trimester II dan III.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku perawatan payudara pada saat hamil di BPM Retno Sukengsih.
Metode Penelitian : Metode penelitian ini deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada 12-26 Mei. Populasi dalam penelitian ini ibu hamil trimester II dan III berjumlah 47, sampel diambil menggunakan teknik Insidental Sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner skala guttman dan ceklist. Analisis data menggunakan uji Chi Square.
Hasil Penelitian : Terdapat 42,8% responden dengan pengetahuan baik dan 64,2% responden dengan perilaku perawatan payudara baik. Dari hasil uji statistik Chi Square diperoleh nilai p=0,002 dan nilai signifikansi p adalah 0,05 maka 0,002 ≤ 0,05.
Simpulan: Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu hamil dengan perilaku perawatan payudara pada saat hamil di BPM Retno Sukengsih

Saran : Ibu hamil diharapkan melakukan perawatan payudara pada saat hamil dengan baik sampai menjelang persalinan sehingga ibu lebih siap dalam memberikan ASI pada bayinya.

Published
2020-09-16