GAMBARAN TUMBUH KEMBANG PADA ANAK BALITA USIA 36-60 BULAN DI PAUD PELITA HARAPAN DUSUN TUBANSARI DESA MARGOYOSO KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

  • Tri Puspa Kusumaningsih, Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Siti Magfiroh Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Tumbuh Kembang, Anak Balita

Abstract

Latar belakang penelitian : Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Pada masa balita, perkembangan kemampuan bahasa, kretivitas, kesadaran sosial, emosional dan intelegensia berjalan sangat cepat dan merupakan landasan perkembangan selanjutnya. Pertumbuhan dan perkembangan mengalami peningkatan yang pesat pada usia dini yaitu 0-5 tahun yang disebut fase Golden Age.
Tujuan Penelitian : Mengetahui gambaran tumbuh kembang pada anak balita usia 36-60 Bulan di PAUD Pelita Harapan Dusun Tubansari Desa Margoyoso Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.
Metode Penelitian : Menggunakan metode deskriptif, Populasi 32 balita dan sampel 32 balita. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Waktu penelitian Maret 2019. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan teknik prosentasi dan central tendency dengan menggunakan SPSS 13.
Hasil Penelitian : Berdasarkan analisa univariat mayoritas balita pertumbuhannya mengalami peningkatan untuk kategori meningkat prosentasenya 69% dan untuk perkembangan mayoritas berkategori sesuai dengan prosentase 63%.
Simpulan : Tumbuh kembang balita tingkat pertumbuhannya meningkat dan untuk perkembangan mayoritas berkategori sesuai.
Saran : Diharapkan orang tua yang memiliki balita selalu memberikan makanan yang bergizi agar pertumbuhan balita meningkat dan selalu memberikan stimulasi
agar perkembangannya normal.

Published
2020-09-16