FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI

  • Vina Asna Afifah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo
  • Sarwoko Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Estu Utomo
Keywords: Pendidikan, Pendapatan, Stadium, Kanker Payudara, Kemoterapi

Abstract

Latar Belakang: Pengobatan kemoterapi bagi penderita kanker payudara berdampak terhadap kualitas hidup baik fisik, psikologis, sosial dan spiritual sehari- hari. Kualitas hidup yang buruk dan tidak terkontrol dapat menyebabkan kematian. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita kanker payudara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas hidup penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi.

Metode: Desain penelitian ini adalah analitik survey dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 32 sampel yaitu pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUD Kota Yogyakarta yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan software SPSS 16.0 dengan uji regresi linear.

Hasil: Faktor yang berpengaruh  terhadap kualitas hidup pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUD Kota Yogyakarta adalah pendidikan (p value = 0.035), pendapatan (p value = 0.01), stadium penyakit (p value = 0.015), sedangkan faktor yang tidak berpengaruh adalah usia, status pernikahan, lama sakit, frekuensi kemoterapi, lama kemoterapi, dan dampingan keluarga.

Kesimpulan: Faktor yang paling berpengaruh pada kualitas hidup pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUD Kota Yogyakarta adalah faktor pendapatan, diikuti stadium penyakit dan pendidikan.

Published
2020-06-18