ASUHAN KEBIDANAN PADA Ny P DENGAN MASALAH PRODUKSI ASI MELALUI TERAPI KURMA

  • Een Husanah STIKes Hang Tuah Pekanbaru
Keywords: Asuhan kebidanan, nifas, ASI, sari kurma

Abstract

Asuhan pada masa nifas adalah asuhan yang diberikan pada ibu nifas tersebut dimulai dari setelah plasenta dan selaput janin hingga kembalinya traktus reproduksi wanita pada kondisi tidak hamil.Masalah yang sering timbul pada periode ini adalah sindrom ASI kurang.Faktor yang mempengaruhi produksi ASI yaitu nutsisi yang tidak tercukupi, strees, istirahat, faktor penyusuan dan perawatan payudara.Upaya dalam meningkatkan produksi ASI dapat dilakukan dengan memberikan rangsangan berupa pemijatan, menyususi bayi sesering mungkin dan pemberian suplementasi sari kurma.

Tujuan studi kasus ini adalah melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu nifas  dengan  masalah produksi menggunakan metode SOAP.

Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif observasional dengan pendekatan Continuity of care diberikan pada ibu nifas  Ny. P di BPM Ernita, Amd.Keb, dari tanggal 5 juli s/d 9 juli 2019. Subyeknya Ny. E Umur 25 tahun P1A0  dengan masalah produksi ASI mengkonsumsi sari kurma 2 kali sehari yang diminum  pagi dan sore hari. Jenis data primer.Cara pengumpulan data anamnesa, observasi, pemeriksaan dan dokumentasi.Analisa data dengan membandingkan antara data yang diperoleh dengan teori yang ada.

Hasil dari asuhan yang diberikan yaitu terjadi  peningkatan produksi ASI Ny.P , ASI menjadi lebih lancar.

Asuhan kebidanan dilaksanakan menggunakan pendekatan dengan pendokumentasian SOAP (Subjektif, Objektif, Asesmen, Penatalaksanaan).Tidak ditemukan kesenjangan pada hasil data Subjektif dan Objektif.Sehingga setelah semua data terkumpul dapat disimpulkan Analisa dan melakukan Penatalaksanaan sesuai dengan teori.

Diharapkan penyedia layanan kesehatan memberikan informasi dan edukasi yang banyak tentang nutrisi yang baik salah satunya kurma sehingga dapat meningkatkan produksi ASI dan ibu dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

Author Biography

Een Husanah, STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Jl. Mustafa Sari No. 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru

Published
2020-06-18