ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DENGAN ANEMIA RINGAN

  • Intan Widya Sari STIKes Hang Tuah Pekanbaru
Keywords: Asuhan Kebidanan, Trimester II, Anemia Ringan

Abstract

Latar belakang studi kasus : Anemia kehamilan adalah jika kadar hemoglobin dibawah 11 g/dl pada trimester pertama dan ketiga atau jika kadar hemoglobin kurang dari 10,5 g/dl pada trimester kedua. Gejala anemia yaitu pusing, penglihatan kabur, pucat pada konjungtiva, mudah pingsan, dan secara klinik dapat dilihat dari tubuh ibu yang mengalami malnutrisi. Menurut (Melorys and Galuh, 2017) menyebutkan bahwa AKI di Indonesia sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Angka tersebut masih jauh dari target Millenium Development Goals (MDG’s) 2015 sebesar 102 per 100.000 kelahiran hidup.

Tujuan studi kasus : Untuk mampu melakukan pengkajian dengan pendekatan manajemen kebidanan serta pendokumentasian asuhan, dan memberikan alternatif pemecahan masalah pada ibu hamil dengan anemia ringan.

Metode studi kasus : Studi kasus ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Studi kasus dilakukan di Puskesmas Harapan Raya Pekanbaru pada ibu hamil dengan anemia ringan pada tanggal 02-09 Juli 2019. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang.

Laporan kasus dan bahasan : Hasil asuhan kebidanan yang telah dilakukan terhadap Ny. R G4P3A0 UK 28 minggu 5 hari dengan anemia ringan.

Simpulan : Dari asuhan kebidanan yang telah dilakukan terhadap Ny. R G4P3A0 UK 28 minggu 5 hari dengan anemia ringan dengan pemberian tablet  Fe dan pemantauan Hb selama 7 hari dan kadar Hb ibu menjadi kembali normal.

Saran : untuk puskesmas diharapakan lebih memantau kesehatan ibu hamil seperti mendeteksi faktor resiko ibu hamil salah satunya faktor usia.

Author Biography

Intan Widya Sari, STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Jl. Mustafa Sari No. 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru

Published
2020-06-18