ASUHAN KEBIDANAN PADA BAYI BARU LAHIR DENGAN PERAWATAN TALI PUSAT TERBUKA

  • Riza Febrianti STIKes Hang Tuah Pekanbaru
Keywords: Asuhan Kebidanan Ibu Hamil dengan DeteksiDini Kekurangan Energi Kronis

Abstract

Latar belakang studi kasus : Kurang Energi Kronis ( KEK) pada ibu hamil masih menjadi permasalahan di indonesia karena KEK sebagai suatu keadaan di mana seseorang mengalami kekurangan gizi ( kalori dan protein) yang berlangsung lama dan menahun, dengan di tandai berat badan kurang dari 40 kg atau tampak kurus dan dengan lingkar lengan atau (LILA) kurang dari 23,5 cm.

Tujuan studi kasus : menambah pengetahuan dan wawasan tentang asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan deteksi dini kekurangan Energi Kronis pada Trimester I di Klinik Pratama Karya Bakti Kota Pekanbaru dengan metode pendekatan dan pendokumentasian SOAP.

Metode studi kasus : Studi kasus dengan latar belakang asuhan kebdanan pada bayi baru lahir dengan perawatan tali pusat terbuka di BPM Putri Asih dari bulan Juni- Juli  Subyeknya Ny. E Umur 29 tahun G4P3A0. Jenis data primer. Cara pengumpulan data anamnesa, observasi, pemeriksaan dan dokumentasi. Analisa data dengan membandingkan antara data yang diperoleh dengan teori yang ada.

Laporan kasus dan bahasan : Saat hamil Ny. T  G2P1A0H1 umur 30 tahun usia kehamilan 6 minggu 3 hari , dengan deteksi dini kekurangan energi kronis keadaan umum baik

Simpulan : Asuhan kebidanan dilaksanakan menggunakan pendekatan dengan pendokumentasian SOAP (Subjektif, Objektif, Asesmen, Penatalaksanaan). Tidak ditemukan kesenjangan pada hasil data Subjektif dan Objektif. Sehingga setelah semua data terkumpul dapat disimpulkan Analisa dan melakukan Penatalaksanaan sesuai dengan teori.

Saran : Diharapkan perlu keterlibatan tenaga kesehatan untuk mengatasi deteksi dini kekurangan energi kronis di kota pekanbaru agar tidak ada lagi ibu hamil yang mengalami komplikasi

Author Biography

Riza Febrianti, STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Jl. Mustafa Sari No. 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru

Published
2020-06-18