ASUHAN KEBIDANAN PADA REMAJA PUTRI DENGAN KEPUTIHAN

  • Risa Pitriani STIKes Hang Tuah Pekanbaru
Keywords: Remaja, Keputihan dan pencegahan keputihan

Abstract

Latar Belakang Studi Kasus: Sekitar 70% remaja putri mengalami masalah keputihan. Keputihan yang terjadi pada remaja putri tersebut kebanyakan disebabkan oleh masih minimnya kesadaran untuk menjaga kesehatan terutama dalam kebersihan organ genetalia.

Tujuan Studi Kasus: Untuk melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu remaja putri dengan keputihan menggunakan metode SOAP.

Metode Studi Kasus: Studi kasus ini menggunakan metode deskriptif observasional dengan pendekatan Continuity Of Care diberikan pada siswi kelas X SMAN 6 PekanbaruĀ  Jl. Bambu Kuning No 28, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru dari 03-10 Juli 2019. Subyeknya Nn. S Umur 17 tahun. Jenis data primer. Cara pengumpulan data anamnesa, observasi, pemeriksaan dan dokumentasi. Analisa data dengan membandingkan antara data yang diperoleh dengan teori yang ada.

Laporan Kasus dan Bahasan: Saat ditanyakan Nn.S mengatakan telah mengalami keputihan sejak 3 bulan yang lalu, keputihan yang dilami yaitu sebelum menstruasi dan saat stress, keputihan berbentuk encer, keputihannya tidak berbau dan tidak gatal.

Simpulan: Asuhan kebidanan dilaksanakan menggunakan pendekatan dengan pendokumentasian SOAP (Subjektif, Objektif, Asesmen, Penatalaksanaan). Tidak ditemukan kesenjangan pada hasil data Subjektif dan Objektif. Sehingga setelah semua data terkumpul dapat disimpulkan Analisa dan melakukan Penatalaksanaan sesuai dengan teori.

Saran: Diharapkan pihak Sekolah SMAN 6 Pekanbaru, dapat meningkatkan pendidikan dan pengetahuan siswi dengan melibatkan tenaga kesehatan setempat dengan cara memberikan penyuluhan, poster, leaflet khususnya tentang penanganan keputihan pada remaja putri

Author Biography

Risa Pitriani, STIKes Hang Tuah Pekanbaru

Jl. Mustafa Sari No. 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru

Published
2020-06-18