PENGARUH KONSELING CARA MENYUSUI TERHADAP PELAKSANAAN CARA MENYUSUI PADA IBU YANG MEMPUNYAI BAYI USIA 0-2 MINGGU DI PUSKESMAS NGOMBOL

  • Nindya Kurniawati Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Elly Kurniasari Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: Konseling, Cara menyusui

Abstract

Latar Belakang Penelitian : Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang, kurangnya informasi dapat mengakibatkan kurangnya pengetahuan seseorang. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Ngombol didapatkan data Ibu menyusui berjumlah 8 orang, dari 8 orang tersebut terdapat 6 ibu menyusui yang belum paham tentang cara menyusui dengan benar serta pernah mengalami puting susu lecet pada minggu pertama.

Tujun Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh konseling cara menyusui terhadap pelaksanaan cara menyusui dengan benar pada Ibu yang mempunyai bayi usia 0-2 minggu.

Metode Penelitian : Jenis penelitian pre eksperiment design dengan pendekatan one group pretest-posttest, penelitian dilakukan di Puskesmas Ngombol. Jumlah populasi 46 orang dan jumlah sampel 41 orang, dengan tehnik sampling Quota Sampling. Instrumen penelitian menggunakan checklist. Analisis data menggunakan uji paired t-test

Hasil Penelitian : Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk nilai p > α (0,05), uji paired t-test nilai signifikasi (p) 0,00< (α) 0,05 dan nilai Lower serta Upper tidak melewati angka nol (0) ,rata-rata nilai sebelum konseling 64,46 dan sesudah konseling 79,05.

Simpulan : Terdapat pengaruh konseling cara menyusui terhadap pelaksanaan cara menyusui dengan benar pada Ibu yang mempunyai bayi usia 0-2 minggu dengan selisih nilai pretest dan posttes sebesar 14,59.

Saran : Sebagai sumber informasi kepada para ibu menyusui untuk menambah pengetahuan tentang cara menyusui yang benar.

Published
2020-06-18