GAMBARAN PENGETAHUAN KADER KESEHATAN DI DESA GANGGENG TENTANG DETEKSI DINI KANKER SERVIKS

  • Nur Sholichah Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Siti Muqodimah Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: pengetahuan, kanker serviks

Abstract

Latar belakang penelitian: Kanker serviks merupakan jenis kanker terbanyak diderita perempuan di Indonesia. Berdasarkan profil kesehatan Departemen Kesehatan, di Jawa Tengah ada 1773 Pasien kanker serviks dan di Purworejo terdapat 40 kasus kanker serviks untuk tahun 2017. Banyaknya kasus kanker serviks di Indonesia disebabkan pengetahuan tentang kanker serviks yang kurang sehingga kesadaran masyarakat untuk deteksi dini masih rendah.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui gambaran pengetahuan kader kesehatan di desa Ganggeng tentang deteksi dini kanker serviks.

Metode penelitian: Studi Kasus yang penulis gunakan dalam kasus ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2019 dengan populasi 37 orang dan sampel sebanyak 37 responden dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Uji validitas menggunakan pearson product moment dan uji Realibilitas menggunakan Kr-20, analisa data menggunakan analisa univariat dengan program spss 13.

Hasil penelitian: pengetahuan kader kesehatan di desa ganggeng tentang deteksi dini kanker serviks yaitu cukup 16 responden (43,2%), baik 12 responden (32,4%) dan kurangĀ  9 responden (24,3%).

Simpulan: pengetahuan kader kesehatan di desa ganggeng tentang deteksi dini kanker serviks sebagian besar cukup yaitu 16 responden (43, 2%)

Saran: Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kader kesehatan tentang deteksi dini kanker serviks.

Published
2020-06-18