FAKTOR PENYEBAB KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DUSUN SIDOMULYO RT 25 RW 15 SRAGEN WETAN SRAGEN

  • Rina Harwati Program Studi DIII Kebidanan STIKes Estu Utomo
Keywords: Faktor penyebab hipertensi, lansia

Abstract

Latar Belakang: Batasan tekanan darah yang masih dianggap normal adalah 140/90 mmHg dan tekanan darah sama dengan atau di atas 160/95 dinyatakan sebagai hipertensi.  Tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan (WHO, 1978).

Tujuan Penelitian: Mengetahui faktor penyebab kejadian hipertensi pada lansia di Dusun Sidomulyo RT 52 RW 15 Sragen Wetan Sragen.

Metode Penelitian: Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey dan dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia usia >40 di Dusun Sidomulyo RT 52 RW 15 Sragen Wetan Sragen sebanyak 40 orang, dengan sampling jenuh yaitu seluruhlansia usia >40 di Dusun Sidomulyo RT 52 RW 15 Sragen Wetan Sragen.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian didapatkan Para Lansia di Dusun Sidomulyo RT 52 RW 15 Sragen Wetan Sragen, dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor penyebab terbanyak terjadinya hipertensi adalah karena faktor makanan, kurang olah raga dan banyak yang merokok.

Kesimpulan: hipertensi pada Lansia dapat disebabkan oleh factor-faktor dari kebiasaan hidup yang kurang sehat.

Saran: Dinas Kesehatan Kabupaten dapat menggiatkan Posyandu lansia.

Author Biography

Rina Harwati, Program Studi DIII Kebidanan STIKes Estu Utomo

Jl. Tentara Pelajar, Mudal, Boyolali

Published
2019-03-26