HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOREJO 3 KABUPATEN MADIUN

  • Lucia Ani Kristanti STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Cintika Yorinda Sebtalesy STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
Keywords: status gizi, prestasi belajar

Abstract

Investasi bangsa pada anak sekolah salah satunya yaitu gizi baik. Di tangan generasi muda suatu bangsa dapat melanjutkan pembangunan yang berkesinambungan. Kekurangan gizi pada siswa di sekolah akan mengakibatkan anak menjadi lemah, cepat lelah dan sakit-sakitan, sehingga anak menjadi sering absen serta sulit mengikuti dan memahami pelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Purworejo 3 Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan crosssectional. Populasi penelitian adalah siswa SD Negeri Purworejo 3 Kabupaten Madiun sebanyak 110 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional cluster random sampling dengan sampel sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data status gizi menggunakan teknik pengukuran antropometri dan prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa Sekolah Dasar Negeri Purworejo 3 Kabupaten Madiun mempunyai status gizi normal yaitu sebanyak 33 siswa (63,5%). Mayoritas siswa Sekolah Dasar Negeri Purworejo 3 Kabupaten Madiun mempunyai prestasi belajar yang baik yaitu sebanyak 26 orang (50,0%). Terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa SD Negeri Purworejo 3 Kabupaten Madiun dengan p value 0,004 < 0,05.

Author Biographies

Lucia Ani Kristanti, STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Jalan Taman Praja No.25, Taman, Kota Madiun 63139

Cintika Yorinda Sebtalesy, STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun

Jalan Taman Praja No.25, Taman, Kota Madiun 63139

Published
2020-01-03