HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DENGAN TUMBUH KEMBANG BALITA DI POSYANDU DESA KALIKOTES, KECAMATAN PITURUH, KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2017

  • Tri Puspa Kusumaningsih Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Novia Ayunita Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Keywords: pengetahuan, tumbuh kembang balita

Abstract

Latar belakang penelitian: Dari beberapa anak di posyandu desa kalikotes terdapat satu anak gizi buruk dan satu anak gizi kurang. Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dini sangat penting Tujuan penelitian: Diketahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan dengan tumbuh kembang balita Di Posyandu Desa Kalikotes Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo.
Metode penelitian: Jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi berjumlah 122 anak, pengambilan sample secara purposive sampling, analisis menggunakan univariat dan bivariat.
Hasil penelitian: sebagian besar berpengetahuan cukup sebanyak 50% dan tumbuh kembangnya sebagian besar normal sebanyak 60%. Korelasi antar variabel sebesar 0,452 (cukup erat) signifikan pada tingkat signifikansi 5 persen karena 0,01 <0,05.
Simpulan: Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan dengan tumbuh kembang balita di Posyandu Desa Kalikotes Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Tahun 2012.
Saran: masyarakat sebaiknya perlu mengetahui pentingnya memantau pertumbuhan dan perkembangan anak melatih ketrampilan anak sesuai dengan umur.

Published
2020-01-23