PENGARUH PENGGUNAAN PERAGA VISUAL PROYEKSI DAN VISUAL NON PROYEKSI TERHADAP PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN KEHAMILAN USIA DINI

Wiwin Renny R, Siti Arifah, Anita Widiastuti

Sari


Masa remaja merupakan masa perubahan dari kanak-kanak ke masa
dewasa meliputi perubahan biologi, psikologi dan sosial yang berhubungan
dengan fungsi dan proses system reproduksi pada remaja. Ketidakpahaman siswa
mengenai kesehatan reproduksi menjadi faktor terjadinya kenakalan pada remaja.
Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi-Eksperiment desigen bentuk
perbandingan kelompok statistik (static group comparasion). Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah media pendidikan kesehatan reproduksi dan variable
terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa kelas VIII tentang kesehatan
reproduksi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sample kelas VIII
yang berjumlah 110 siswa., terbagi dalam dua kelompok .
Ada perbedaan penggunaan media pendidikan kesehatan reproduksi
menggunakan alat peraga visual proyeksi dengan visual non proyeksi terhadap
pemahaman siswa dengan p value 0,001. Rerata penggunaan peraga visual non
proyeksi 45.01, lebih kecil dibandingkan dengan rerata penggunaan peraga visual
peroyeksi sebesar 65.99. Sehingga alat peraga visual proyeksi memberikan
pemahaman lebih baik saat digunakan untuk pendidikan kesehatan. Disarankan
pada saat memberikan pendidikan dan pengajaran atau proses belajar mengajar,
penyajian diupayakan menggunakan media visual proyeksi dan bervariasi untuk
memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta didik.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.