PERSEPSI PASIEN TENTANG PERILAKU CARING PERAWAT DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DIRUANG MARANATHA I

Magareta Mia Aji Saputri

Sari


Perilaku caring merupakan suatu sikap, rasa peduli, hormat dan menghargai orang lain,
artinya memberikan perhatian yang lebih kepada seseorang dan bagaimana seseorang itu
bertindak. Karena perilaku caring merupakan perpaduan perilaku manusia yang berguna
dalam peningkatan derajat kesehatan dalam membantu pasien yang sakit. Perilaku caring
sangat penting untuk mengembangkan, memperbaiki dan meningkatkan kondisi atau cara
hidup manusia. Perilaku caring sangat penting dalam layanan keperawatan karena akan
memberikan kepuasan pada klien dan perawatan akan lebih memahami konsep caring,
khususnya perilaku caring dan mengaplikasikan dalam pelayanan keperawatan.
Penelitian ini bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi klien tentang
perilaku caring perawat dan apa yang dirasakan klien ketika perawat melakukan perawatan
sesuai dengan konsep perilaku caring.
Hasil penelitian persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dalam pelayanan
keperawatan di Ruang Maranata I ini menghasilkan dua tema yaitu: pengetahuan perilaku
caring perawat menurut pasien adalah perawat memberi perhatian lebih kepada pasien dan
diangggap keluarga, perilaku caring perawat yang dirasakan pasien adalah perawat aktif
bertanya, berbicara lembut, memberi dukungan, responsif, terampil dan menghargai serta
menjelaskan.
Peningkatan pemahaman tentang perilaku caring pada perawat akan meningkatkan
pelayanan keperawatan untuk pasien dan pasien akan merasakan perilaku caring perawat
dalam pelayanan keperawatan.
Kata kunci : Persepsi, Pasien, Perilaku caring

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.